Luqman Hakim

Para ulama salaf  berbeda pendapat mengenai Luqman Hakim : apakah beliau seorang nabi atau hamba Allah yang saleh tanpa menerima kenabian ?. Mayoritas ulama berpendapat bahwa beliau adalah hamba Allah yang saleh tanpa menerima kenabian. Menurut Ibnu Abbas, Luqman Hakim adalah seorang hamba berkebangsaan Habsyi yang berprofesi sebagai tukang kayu.

Suatu kali, majikannya berkata kepada Luqman, “Sembelihkan domba ini untuk kami.” Lalu beliau menyembelihnya. Si majikan berkata, “Ambillah bagian dagingnnya yang terbaik.” Lalu Luqman mengambil lidah dan hati domba. Si majikan diam beberapa saat, lalu berkata, “Sembelihkan domba yang ini untuk kami.” Kemudian ia menyembelihnya. Si majikan berkata, “Ambillah bagian dagingnya yang terburuk.” Lalu Luqman mengambil lidah dan hati domba. Kemudian si majikan berkata, “Aku menyuruhmu mengambil dua bagian daging domba yang terbaik, lalu kamu melaksanakannya dan aku pun menyuruhmu mengeluarkan bagian domba yang terburuk, lalu kamu mengambil daging yang sama.” Luqman berkata, “sesungguhnya tiada perkara yang lebih baik daripada lidah dan hati jika keduanya baik. Dan tiada perkara yang lebih buruk daripada lidah dan hati jika keduanya buruk.”

Suatu saat Luqman Hakim didatangi seseorang, lalu bertanya, “Apa yang dapat mengantarkanmu kepada kebajikan dalam bertutur ?” Luqman menjawab, “Berkata jujur dan tidak mengatakan hal yang tidak penting.”

Luqman pun pernah ditanya tentang prestasi yang dicapainya. Dia menjawab, “Hai anak saudaraku, jika engkau menyimak apa yang aku katakan padamu, kamu pun akan berprestasi seperti aku.” Lalu Luqman berkata, “Aku menjaga pandanganku, menjaga lidahku, menjaga kesucian makananku, memelihara kemaluanku, berkata jujur, memenuhi janjiku, menghormati tamuku, memelihara hubungan baik dengan tetanggaku dan meninggalkan perkara yang tidak penting. Itulah yang membuat diriku seperti yang kamu lihat.”

One response to this post.

  1. Tidak mengatakan / bicara hal yang tidak penting !
    Sulit untuk dilaksanakan namun perlu dicoba.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: