Ketika Anak Berangkat Sekolah

Sebagai orang tua, kita harus bisa mengarahkan anak agar mengucapkan salam ketika masuk atau keluar rumah, apalagi ketika anak berangkat sekolah. Kita harus memberi contoh atau teladan yang baik. Sebab tanpa bertindak konkret, tentu anak akan sulit menerimanya.

Jika ayah masuk rumah tidak mengucapkan salam tetapi ibu menyuruh anaknya mengucapkan salam, tentu anak akan protes. “Lho, ayah kok nggak mengucapkan salam ?”. Ini berbahaya, karena apa yang diperintahkan ibunya bertentangan dengan kenyataan yang dihadapinya. Orang tua harus memulai terlebih dahulu untuk berbuat kebaikan.

Sejak dini, anak dibiasakan untuk pamit atau meminta ijin jika hendak keluar rumah. Sehingga jika dewasa nanti, anak kita akan terbiasa untuk berpamitan kepada orang tua kemanapun ia akan pergi. Minta ijin dan berpamitan jika hendak pergi merupakan adab sopan santun anak terhadap orang tua.

Sebagai keluarga muslim, diharapkan ketika anak berangkat sekolah atau pergi ke suatu tempat, harus membaca doa. Doa yang kita ucapkan sengaja dikeraskan agar didengar oleh anak. Jika anak mengetahui kita berdoa, maka anak akan meniru dan menghafalkan doa tersebut.

Jangan lupa juga, kita memberi contoh berupa tindakan , yaitu melangkahkan kaki kanan ketika masuk rumah dan menginjakkan kaki kiri dulu ketika akan keluar rumah.

6 responses to this post.

  1. Posted by Jabaal Nur Hakim on 26 November 2010 at 22:54

    Insya Allah..

    Anak bagaikan kertas putih, mau kita goreskan apapun bisa…

    Balas

  2. pendidikan yang berharga

    Balas

  3. ya, pembiasaan sejak dini.
    Kalau sudah dewasa akan sulit dibiasakan.
    tulisan yg menarik.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: