Langkah Mendidik Anak Shalih dan Shalihah

Belajar MengajiSetiap orang tua senantiasa mendambakan keturunan yang shalih dan shalihah, karena anak merupakan aset dunia sampai akhirat bagi kedua orang tuanya. Beberapa langkah yang harus ditempuh dalam mendidik anak shalih dan shalihah, antara lain :

  • Salimul Aqidah yakni menanamkan aqidah yang benar (selamat). Diperlukan lingkungan pendidikan yang terbebas dari peradaban, kebiasaan yang menyelinap, menodai dan mengobrak-abrik nilai-nilai agama.

  • Shahihul Ibadah yakni mendidik ibadah yang benar, dilluruskan ibadahnya, terutama ibadah shalat.
  • Akhlaqul Karimah yakni menanamkan budi pekerti, akhlaq yang mulia kepada anak, sehingga anak memiliki kepribadian yang baik, pribadi yang siap di bangun dan siap membangun.
  • Al ‘Amal Al Ijtima’i adalah membiasakan beramal sosial, yang menumbuhkan sifat / pribadi santun, dermawan serta sensitif terhadap kesulitan orang lain.
  • Qawiyyul ‘Ilmu : membekali anak dengan ilmu pengetahuan yang akan membimbing anak untuk mengekspresikan diri, mengukir prestasi dan menyiapkan anak menjadi manusia yang bermartabat. “….niscaya Allah akan meninggikan orang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat…..(QS Al Mujadalah : 11)
  • Qawiyyud Du’a : segala upaya pendidikan yang dilakukan manusia keberhasilannya sangat tergantung kepada kehendak Allah. Karena itu perlu doa, menyandarkan harapan kepada Allah, sebagaimana nabi Ibrahim berdoa : “Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang yang sholeh (QS Ash Shaffat : 100)

One response to this post.

  1. Mudah-mudahan kami bisa mendidik dan mencetak anak-anak Shalih, Aminnn…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: