Membangun Empati Kepada yang Lemah

Di setiap langkah yang kita tempuh, setiap detak jantung yang berdenyut, cinta dan kasih sayang kebutuhan setiap insan yang Allah ciptakan. Yang hanya muncul bila digunakan hati nurani yang paling dalam yang kita miliki, itulah empati yang harus selalu kita asah untuk diberikan kepada sesama dan makhluk Allah lain.

Hidup di dunia ini hanya sekali, setelah itu akan hidup di akhirat abadi, tentu buatlah ketika di dunia sesuatu yang sangat berarti, sesuatu yang memiliki nilai, yang membuat orang merasa terbantu, walaupun perbuatan itu kecil sekalipun.

Membangun empati bisa siapa saja tanpa harus kaya terlebih dahulu, orang miskin juga bisa. Tidak harus besar tapi bisa berbuat yang kecil terlebih dahulu untuk membangun empati.

Seperti tetangga yang kesulitan, menolong saudara atau keluarga kita sendiri yang dalam kesulitan, menolong orang yang tertimpa bencana atau musibah, menyenangkan istri atau suami, berprestasi untuk membahagiakan orang tua. Itu adalah hal-hal kecil yang siapapun bisa lakukan kebiasaan atau membangun karakter adalah awal tumbuhnya empati.

Empati terhadap sesama harus selalu kita asah supaya kita peka terhadap sekeliling kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: