ETIKA BERSEDEKAH

Sesuatu yang sedikit itu di mata Allah, bisa saja menjadi banyak. Rasulullah SAW bersabda : ” Janganlah kamu menghina perbuatan baik sekecil apapun, meskipun hanya dengan cara menunjukkan wajah yang ceria ketika bertemu dengan saudaramu. Bersedekahlah setiap harinya dengan apapun juga meskipun hanya sedikit. Berikan ┬ásedekah itu sejak permulaan siang (pagi hari). Karena sesungguhnya musibah itu tidak akan mendahului sedekah “. Artinya, sedekah itu menjadi penghalang antara kita dengan faktor-faktor yang mengakibatkan musibah.

Beberapa cara dalam bersedekah :

  1. Kalau ada orang meminta-minta kepada kita, jangan biarkan dia pergi tanpa kita beri sesuatu. Jangan tolak orang pertama yang meminta kepada kita.  Jika kita tidak bisa memberi apapun maka janganlah membentak atau mencacinya, tolak dengan lembut dan wajah manis.
  2. Bersedekah hendaklah dimulai dengan orang-orang terdekat dan kerabat dekat yang miskin. Lalu tetangga kita yang membutuhkan (sedang dalam kesulitan). Sungguh ! mereka lebih utama dibandingkan dengan yang lain.
  3. Lakukan sedekah secara sirri (diam-diam). Rasul SAW bersabda : “Sedekah secara sirri bisa memadamkan kemaharahan Tuhan”. Diutamakan sedekah secara sirri karena lebih dekat kepada keikhlasan.
  4. Jauhi sifat riya dalam bersedekah dan jauhi pula mengungkit-ungkit sedekah kepada orang-orang fakir.
  5. Jangan minta balasan kepada orang yang telah kita beri sedekah agar dia mau membantu atau menghormati kita. Tidak boleh menuntut terima kasih dan pujian dari orang faqir.
  6. Jangan tinggalkan sedekah karena khawatir harta akan berkurang. Bahkan bersedekah itu dapat menyebabkan kekayaan dan keluasan serta menolak kemiskinan dan kesusahan.
  7. Sedekah dan infak dengan sesuatu yang kita sukai. Hendaklah kita mengutamakan kepentingan orang lain daripada kepentingan kita sendiri. Artinya, kita memiliki sesuatu benda yang diperlukan, namun mengalah karena ada saudara muslim lain yang juga memerlukan.
  8. Gembirakan peminta yang datang kepada kita, sesungguhnya orang yang datang itu merupakan hadiah dari Allah. Senangkan juga diri kita saat memberi kepada peminta tersebut meskipun sering kali dia datang untuk meminta.

Orang miskin yang bersedekah dengan harta yang sedikit lebih utama dibandingkan sedekah banyak dari orang yang kaya raya. Nabi SAW bersabda : “(Pahala) satu dirham dapat melebihi seribu dirham”. Beliau ditanya : “Bagaimana bisa seperti itu ?”. Rasul SAW bersabda : “Ada seseorang yang hanya memiliki dua dirham lalu salah satunya digunakan untuk sedekah. Dan ada lagi seseorang yang karena melimpah hartanya, dia bersedekah seribu dirham. Maka yang satu dirham itu dapat melebihi seribu dirham.”

Maka satu dirhamnya orang miskin itu lebih utama dibandingkan dengan seribu dirhamnya orang yang kaya raya.

 

Diringkas dan disadur dari ” Terjemah Nashaaihud – Diiniyyah”

Syaikh “Abdullah bin “Alawi Al Haddad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: